Potensi Sumber Daya di Desa Majungan, Pademawu, Pamekasan


Potensi Sumber Daya Desa Majungan


Kondisi sumber daya alam mempengaruhi terhadap kehidupan dan penghidupan serta kelangsungan kehidupan masyarakat di satu wilayah. Sumber daya alam yang dimiliki desa Majungan adalah pertanian berupa persawahan yang menghasilkan tanaman padi, tembakau dan lain-lainnya, selain itu terdapat bidang laut yaitu berupa pantai, lautan maupun hutan mangrove. Dengan adanya sumber daya alam maka dibutuhkan pula sumber daya manusia, sumber daya manusia yang dimiliki desa Majungan cukuplah banyak untuk melakukan pergerakan dalam berbagai bidang.

Berikut pemaparan Sumber Daya pada desa Majungan :
1.      Sumber Daya Alam
Desa Majungan merupakan salah satu desa yang dianugrahkan sumber daya alam yang melimpah. sebagian besar desa Majungan adalah suatu daerah yang spesifik perbandingannya antara daratan dengan perairan yaitu lebih luas daerah daratan. Dusun yang ada di Desa Majungan dikelilingi dengan lahan pertanian yang tanami padi, buah blewa, dan tembakau (dalam masanya masing- masing). Pada musim kemarau seperti ini mayoritas lahan pertanian di Majungan mayoritas ditanami tembakau. Potensi lain yang menjadi unggulan Desa Majungan ialah hutan mangrove. Hutan mangrove yang terletak pada ujung selatan desa Majungan ini merupakan hutan mangrove terbesar di kabupaten Pamekasan, merupakan hutan mangrove terbesar se-Jawa Timur. Selain itu, di desa ini terdapat sungai yang mengelilingi desa Majungan serta mengalir secara langsung menuju muara dan berhubungan langsung dengan air laut. Dari beberapa potensi sumber daya alam yang memiliki keindahan yang luar biasa, namun kemampuan dalam mengenali potensi SDA yang ada masyarakat masih kurang.  

Sektor Pertanian : Padi, Jagung, Tembakau
Perawatan tanaman tembakau oleh warga desa Majungan 

Sektor Kelautan : Ikan, Mangrove
Perawatan dan panen buah Bakau atau Mangrove

Sektor Wisata : Mangrove, Pantai
Wisata Pantai dan Mangrove


2.      Sumber Daya Manusia
Berdasarkan dari jumlah masyarakat desa Majungan yang ada, sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan tenaganyanya dalam mendorong pergerakan perekonomian dengan bertani, baik padi/tembakau, atau garam.  Selain itu, diharapkan sumber daya manusia yang ada di Desa Majungan ini lebih dikembangkan lagi guna menunjang perekonomian desa Majungan umumnyanpada masyarakat itu sendiri. Adapun model sumber daya manusia yang dapat mengangkat perekonian di Majungan adalah :
a.  Adanya sumber daya perempuan usia produktif yang dapat berwirausaha dalam pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di Desa Majungan.
b.      Adanya kemampuan membuat handycraft dan makanan olahan,
c.       Adanya wadah pemberdaya tenaga kerja yang ada di Desa.


Berikut data statistik mata pencarian penduduk desa Majungan :
No.
Jenis Pekerjaan
Laki-laki
Perempuan
1.
Buruh Tani
142 orang
172 orang
2.
Pegawai Negeri Sipil
2 orang
2 orang
3.
Peternak
1 orang
0 orang
4.
Nelayan
80 orang
0 orang
5.
TNI
2 orang
0 orang
6.
POLRI
2 orang
0 orang
7.
Pembantu rumah tangga
0 orang
3 orang
8.
Dukun Tradisional
3 orang
3 orang
9.
Wiraswasta
25 orang
15 orang
10.
Belum Bekerja
236 orang
534 orang
11.
Pelajar
176 orang
240 orang
12.
Buruh Harian Lepas
84 orang
126 orang
13.
Buruh usaha jasa transportasi dan perhubungan
1 orang
0 orang
14.
Anggota Legislatif
1 orang
0 orang
Jumlah Total Penduduk
1.850 orang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages