Profil Desa Majungan, Pademawu, Pamekasan


Profil Desa Majungan
Kec. Pademawu kab. Pamekasan


Desa Majungan merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Desa Majungan terdiri dari 6 dusun, diantaranya adalah :
a)      Dusun Trokem
b)      Dusun Morlauk
c)      Dusun Morsongai
d)     Dusun Partelon
e)      Dusun Koberung
f)       Dusun Majungan
Secara administrasi desa Majungan terletak sekita 8 km dari kecamatan Pademawu, kurang lebih 12 km dari Kabupaten Pamekasan, dengan dibatasi oleh wilayah desa. Adapun pembatas wilayah desa Majungan adalah sebagai berikut :
Utara
Desa Pademawu Timur
Selatan
Selat madura
Barat
Desa Jarin dan Desa Pagagan
Timur
Desa Padelegan

Wilayah desa Majungan secara geografis berada di titik koordinat 7°21’ BT dan 7°31 LS. Dengan topografi wilayah desa Majungan berada pada ketinggian 0 – 35 m dari permukaan air laut, dimana kondisi daratan dengan kemiringan <3% sebanyak 125 Ha dan berombak dengan kemiringan 3.1 – 15 % sebanyak Ha.

Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa Majunganberiklim tropis dengan tingkat kelembapan udara lebih kurang 65% dan suhu udara reta-rata 24 – 32 °C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni sampai dengan Oktober. Iklim desa Majungan sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Pamekasan, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan November – April dan musim kemarau antara bulan April – November.

Berdasarkan data administrasi pemerintah desa, jumlah penduduk yang tercatat secara administrasi dengan totoal 2066 jiwa, dengan rincian berjenis kelamin laki-laki sejumlah 960 jiwa dan perempuan sejumlah  1106 jiwa.

Sejak dulu hingga saat ini pemerintahan pada desa Majungan selalu menggunakan politik “ratu atut”. Politik ratu atut merupakan pemerintahan yang diwariskan secara turun temurun kepada anggota keluarga atau yang memiliki ikatan turunan keluarga. Sampai saat ini pemerintahan di desa Majungan telah  mengalami pergantian 4 kali kepala desa. Adapun kepemimpinan tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Ma’ad Haji Abdul Hamid
2.      H. Fauzi (Periode 1979 – 1990)
3.      Muhammad Jufri (Periode 1990 – 2008)
4.      H. Maslukah (Periode 2008 – Sekarang)


Struktur Organisasi :
  • Pemerintahan Desa Majungan :



  • Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Majungan :


Peta Wilayah Desa Majungan :




Video Profil Desa Majungan :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages