Menjaga Keindahan, Mahasiswa KKN 32 UTM Lakukan Bersih-bersih Makam





Pergantian tahun sudah semakin dekat. Masyarakat berbondong-bondong menyibukkan diri untuk menyambut tahun yang baru. Menghabiskan waktu dengan menyalakan kembang api, konvoi ataupun berwisata sudah hal yang lumrah dilakukan untuk menyambut penghelatan akbar menyambut tahun 2019. Masyarakat jarang tergerak hati untuk membersihkan dan menjaga lingkungan sekitarnya. Salah satunya makam, yang seharusnya dirawat walaupun sekedar tempat orang meninggal. Menjaga keindahan ini agar makam tidak memiliki suasana yang sangat mistis dan menyeramkan. Terutama sekitar tempat tinggal mereka agar terlihat indah pula.
Kegiatan demi kegiatan sudah dijalankan dengan baik. Aparatur desa, warga bersama mahasiswa KKN 32 memiliki agenda yang berbeda yakni membersihkan makam yang cukup besar yang berada di Desa Majungan. Letak makam sangat dekat dengan Kantor Desa Majungan hanya berjarak sekitar 500 meter dari kantor desa majungan. Pelaksanaan bersih-bersih makam dilakukan pada hari sabtu tanggal 29 Desember 2018 jam 07.00 sampai 10.00.  Alat-alat yang digunakan untuk bersih-bersih makam seperti clurit, sapu lidi, cikrak dan korek api.  
Sebelum dibersihkan, keadaan sekitar makam sangat kotor. Dedaunan kering dan rumput liar tumbuh dimana-mana. Perlu adanya perhatian lebih agar setiap makam di Desa Majungan dapat terjaga kebersihannya. Antusias warga sangat besar karena beberapa warga sangat senang dengan kegiatan bersih makam ini. Gotong royong antar warga sangat dibutuhkan minimal 2 minggu sekali pelaksanaan bersih-bersih makam ini dilaksanakan. Kegiatan seperti ini dapat menjalin silaturrahmi dan rasa kekeluargaan yang erat antara semua elemen masyarakat. Diharapkan kegiatan seperti ini menjadikan rutinitas yang akan diulakukan disetiap dusun di Desa Majungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages