Masyarakat Desa Majungan Menyambut Baik Mahasiswa KKN UTM





Desa Majungan yang terletak di kecamatan Pademawu kabupaten Pamekasan, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi tinggi di bidang pertanian dan kelautan. Sebagai desa yang memiliki potensi tinggi tentunya pengembangan sumber daya manusianya pun harus  dikembangkan lebih baik lagi. Cara pengembangannya pun perlu dilakukan dengan teknik yang tepat dan sesuai dengan kemampuan manusianya. Dengan harapan pengembangan sumber daya manusia ini untuk mendompleng penghasilan warga majungan.
Program Kuliah Kerja Nyata  atau yang akrab disebut dengan KKN  diharapkan mampu menjawab tantangan masyarakat di sebuah desa  yang akan ditempati untuk mengabdi. KKN biasanya akan dilakukan kurang lebih selama 30 hari. Kegiatan yang banyak dilakukan biasanya adalah terjun langsung  ke masyarakat untuk melihat permasalahan dan berusaha untuk memberikan solusi. Banyak sektor yang bisa dilakukan mahasiswa KKN dalam pengabdiannya diantaranya, pendidikan, pertanian, pangan, kesehatan, sosial, dan lain sebagainya.
KKN yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura pada tahun ini dibagi menjadi dua gelombang.  Gelombang pertama dilaksanakan pada bulan Juli sedangkan gelombang kedua pada bulan Desember. Kelompok 32 merupakan salah satu kelompok KKN yang melaksanakan kegiatannya di desa Majungan, kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.  Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 26 Desember 2018 sampai 25 Januari 2019. Pelaksanaan pembukaannya dilakukan di Balai Desa Majungan pada tanggal 27 Desember 2018 dengan mengundang perangkat desa, tokoh masyarakat, dan lembaga yang ada. Kegiatan tersebut  dilaksanakan pada malam hari setelah isya’, dikarenakan pihak yang diundangan memiliki kesibukan di sawah saat pagi sampai sore. Mengingat mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani.
Pembukaan KKN kelompok 32 diterima dengan baik dan terbuka oleh perangkat dan masyarakat Majungan. Hal ini disampaikan olek perwakilam perangkat desa Majungan yang diwakili oleh Sekretaris Desa yang mengatakan “ kami terima dengan baik, dan berproseslah secara baik dengan beradaptasi bersama masyarakat sekitar “ pungkasya. Dengan penerimaan seperti ini, korrdinator desa berharap proses KKN kelompok 32 benar-benar dibimbing dan diarahkan terhadap kebutuhan desa dengan baik dan sejalan dengan beberapa program yang dilaksanakan untuk desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages